6 Tips Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi

6 Tips Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi

 


Hello sobat, pandemi covid-19 belum juga mereda. Lonjakan kasus dari hari ke hari pun masih terbilang tinggi. Menurut sumber covid19.go.id kasus terkonfirmasi sejak artikel ini dibuat yaitu 30,514 kasus, dengan presentase kematian 5.9% dari kasus terkonfirmasi dan 32.5% yang sembuh. Hal tersebut tentunya mengharuskan kita untuk selalu waspada dan selalu mengikuti protokol yang telah dibuat pemerintah. Contohnya, dengan memakai masker ketika keluar rumah dan menjalankan social distancing.

Akan tetapi, risikonya masih cukup besar mengingat sampai saat ini belum ditemukannya vaksin untuk menangani covid-19 ini. Apalagi untuk orang-orang yang berisiko mengalami penyakit yang lebih serius. Seperti, kelompok lansia dan orang dengan penyakit menahun (kronis). Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan imunitas tubuh dengan pola hidup yang sehat. Berikut 6 tips pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh :

1.      Menjaga pola makan

Menjaga pola makan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sebab, Makanan yang sehat serta bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Makanan seperti brokoli, bayam, dan bawang putih yang kaya akan antioksidan serta vitamin A dan C dapat menjadi pilihan. Selain itu, kita dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi karena kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Makanan yang mempunyai protein serta omega-3 yang tinggi juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Seperti ikan, kerang, dan tiram.

2.      Olahraga yang teratur

Dengan berolahraga secara rutin kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, kegiatan ini cenderung malas untuk kita lakukan. Dalam berolahraga tidak perlu lama kok sobat, cukup 20-30 menit dalam sehari. Olahraga yang kita lakukan tidak perlu yang berat-berat. Kita bisa berjalan kaki, bersepeda, berenang, senam aerobik ataupun sekedar membersihkan rumah.

3.      Berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV yang ketika menyentuh kulit dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium dan imunitas tubuh. Selain itu, berjemur juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Berjemur dapat dilakukan sebelum pukul 10:00 dan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Tidak perlu lama-lama kok sobat, cukup 15-20 menit.

4.      Istirahat yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup dapat membuat tubuh lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Oleh sebab itu, dengan istirahat yang cukup kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

5.      Kelola stress

Pada saat pandemi ini, kita sering mendapatkan tekanan mental. Selain itu, masalah finansial juga menjadi faktor yang membuat kita menjadi stress. Akan tetapi, stress ini harus kita kelola dengan baik karena stress yang berlebihan dan tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Jika dibiarkan peningkatan hormon kortisol ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kita dapat melakukan hobi atau menonton film komedi agar tidak berlarut-larut memikirkan  masalah yang mengakibatkan stress.

6.      Konsumsi vitamin

Vitamin berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, terutama vitamin C. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Selain itu, vitamin E juga tidak kalah pentingnya sobat.

Itulah 6 tips yang dapat sobat lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat sekalian. Tetap ikuti aturan dari pemerintah dan selalu menjaga kebersihan.  Terima kasih.


Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
7 Juni 2020 02.52 delete

Mantap
Saya makan gorengan tiap hari

Reply
avatar