Ticker

6/recent/ticker-posts

Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan dari ACER

Halo Sobat, tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman yang serba digital ini perangkat elektronik tidak selalu berdampak baik bagi kehidupan. Perangkat elektronik yang setiap orang gunakan lama kelamaan menjadi limbah. Menurut data dari katadata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat timbunan sampah elektronik di Indonesia tahun 2021 mencapai 2 juta ton. Sifat konsumtif masyarakat terhadap perangkat elektronik akan meningkatkan timbunan limbah tersebut setiap tahunnya. Selain itu, perangkat elektronik juga selalu memiliki upgrade terbaru tiap tahunnya dan masyarakat selalu ingin memiliki perangkat yang terbaru sehingga yang lama dibiarkan begitu saja. Perangkat tersebut lama kelamaan akan menjadi limbah.

Mengatasi hal tersebut, perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri elektronik mulai mengembangkan produk yang ramah lingkungan. Salah satunya ACER lewat produk laptopnya yang bernama Aspire Vero. Perangkat tersebut dibuat oleh Acer dengan mengutamakan konsep eco-friendly, reusability, dan sustainability. Selain itu, Aspire Vero juga dihadirkan Acer dengan paket Zero Waste Kit serta Windows dan Office terkini dengan harga yang ramah di kantong untuk laptop sekelasnya.

Spesifikasi

Pada bagian body, Aspire Vero menggunakan material post-consumer recycled (PCR) plastic mulai dari 30% plastik PCR untuk keseluruhan rangka panel atas bawah dan 50% plastik PCR untuk keycaps pada keyboard. Untuk diketahui, PCR sendiri merupakan bahan yang dibuat dari barang-barang yang didaur ulang, seperti alumunium, kotak kardus, kertas, dan botol plastik. Pemanfaatan dari material PCR Plastik ini mampu mengurangi emisi CO2 hingga 21% dibandingkan dengan laptop biasa yang menggunakan plastik konvensional. Meskipun begitu, tingkat durability dari body aspire sendiri diklaim sama kuatnya seperti laptop Acer lain yang dibuat dengan bahan plastik baru. Body rangkanya pun diperkuat dengan struktur Honeycomb sehingga terasa cukup padat dan kokoh.

Acer menghadirkan laptop ini dengan warna volcanic grey. Warna tersebut juga merupakan warna alami dari material body yang digunakan. Bahkan, untuk penulisan logo-logonya Acer menggunakan teknik Emboss sehingga tidak memerlukan cat.

Untuk dimensinya laptop ini memiliki panjang 36.3 cm dan lebar 23.8 cm dengan ketebalan 1.77 cm saja. Bobot dari laptop yaitu 1.83 kg dan charger 274 g sehingga berat keseluruhan hanya 2.11 kg saja. Pada bagian display, Aspire Vero memiliki ukuran layar 15.6 Inch dengan resolusi FHD / 1920 x 1080 Pixel @60 Hz, dan memiliki Panel IPS dengan Color Gamut 45% NTSC.

Untuk dapur pacunya, Aspire Vero sudah dibekali dengan intel Core i5 1155G7 yang merupakan varian generasi ke 11 dari intel core dengan 4 core dan 8 thread yang memiliki frekuensi 4.5 GHz dengan 8 MB Intel Smart Cache. Untuk masalah grafis, laptop ini menggunakan Intel Iris Xe Graphics dengan frekuensi 1.35 GHz.

Menggunakan Ram 8 GB DDR4 3200 MHz Single Channel yang merupakan RAM Onboard. Namun, masih tetap upgradeable karena Acer juga menyediakan satu slot SO-DIMM kosong sehingga bisa dibikin Dual Channel dan untuk tambah kapasitas. Laptop ini secara teori mendukung hingga 24 GB dengan rincian 8 GB onboard dan 16 GB SO-DIMM. Pada bagian storage menggunakan 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe. Akan tetapi, hanya disediakan satu slot M.2 saja.

Aspire Vero memiliki kapasitas baterai 53 Wh dan disediakan software VeroSense untuk membatasi pengisian baterai hingga kapasitas 80% yang bertujuan memperpanjang umur baterai. Serta mendukung Wi-Fi 6/Wi-Fi ax dan Bluetooth V5.2. Pada bagian konektor memiliki port 1X DC-IN, 1X Gigabit Ethernet, 1X HDMI, 2X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps), 1X Type-C USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) pada bagian kiri dan port 1X 3.5 MM Audio Combo Jack, 1X USB 2.0, 1X Kensington Lock Slot pada bagian kanan. Untuk bagian keyboard masih menggunakan desain khas Acer Aspire dan telah dilengkapi tombol Numpad dan backlit. Menariknya adalah tulisan tombol R dan E dicetak dengan arah sebaliknya yang menyiratkan pesan dari Laptop ini yaitu REduce, REuse, dan REcycle. 

Itulah review lengkap mengenai laptop Acer Aspire Vero, laptop ramah lingkungan. Laptop ini memiliki harga resmi Rp. 10.999.000 dengan dilengkapi Sistem operasi Windows 11 dan Microsoft Office Home & Student 2021 senilai 1.9 juta yang aktif selamanya. Selain itu, Acer juga Acer juga memberikan bonus berupa Zero Waste Kit yang berisikan botol air minum dan Reuseable Utensils/peralatan untuk makan. Dengan harga 11 juta, laptop ini sangat worth untuk dimiliki dengan konsep ramah lingkungan dan spesifikasinya yang tidak kalah dengan laptop sejenis di kelasnya.

Baca Juga: Produk AIoT Terbaru Realme

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Bagus kak, ✌️
    Jangan lupa mampir ya https://joyatravell.blogspot.com/2021/12/wisata-untuk-di-kunjungi-di-batu-untuk.html

    BalasHapus
  2. Bagus sekali mas
    Jangan lupa mampir mas🙏

    https://un-available.space/

    BalasHapus