Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Komponen GPU Eksternal pada Laptop

Halo Sobat, salah satu komponen terpenting pada PC adalah GPU atau Graphic Processing Unit. Sesuai dengan namanya, fungsi dari alat ini adalah untuk melakukan pengolahan grafis pada komputer. Meskipun pada zaman dulu, pengolahan grafis masih dilakukan oleh CPU, namun karena pengolahan grafis tersebut semakin berat seiring dengan berkembangnya teknologi, maka hadirlah alat khusus untuk mengolah grafis pada komputer yang diberi nama GPU.

Tidak jarang komponen ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga CPU, karena tuntutan dari pengolahan grafis yang semakin berat oleh aplikasi yang ada pada saat ini. Baik aplikasi animasi, editing, ataupun aplikasi game. Jika menggunakan GPU yang kurang mumpuni, maka proses rendering grafis akan menjadi lambat dan membuat komputer menjadi lag.

Pada komputer, komponen GPU mudah untuk diganti-ganti asalkan sesuai dengan tipe motherboard-nya. Namun, pada laptop hal itu tidak bisa dilakukan. GPU pada laptop biasanya terpasang secara langsung di motherboard sehingga tidak memungkinkan untuk di upgrade atau diganti. Untuk sebagian orang hal ini tentu menjadi masalah karena GPU yang ada di laptopnya tidak suppport untuk membuka aplikasi tertentu.

Akan tetapi, pada saat ini telah hadir teknologi eGPU atau GPU eksternal. Perangkat tersebut bisa menjadi alternatif untuk laptop yang memiliki pengolahan grafis yang rendah. Hal ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin bermain game berat namun GPU-nya tidak mendukung. Berikut ulasan lengkap mengenai eGPU atau GPU Eksternal.

Apa itu eGPU?

eGPU atau GPU Eksternal merupakan perangkat add on device yang fungsinya sama dengan GPU konvensional. Hanya saja perangkat tersebut bekerja diluar laptop namun tetap terintegrasi. Perangkat ini dapat bekerja lebih baik dari GPU yang ada di laptop sehingga dapat mengerjakan pengolahan grafis dengan lebih baik pula.

Salah satu keuntungan dari menggunakan eGPU adalah Anda bisa mendapatkan performa grafis yang lebih tinggi tanpa perlu mengganti laptop. Hal ini menjadi lebih ekonomis meskipun harganya lumayan mahal. Namun, ada harga tentu ada kualitas. Dibandingkan Anda harus membeli laptop baru dengan harga yang belasan hingga puluhan juta untuk mendapatkan GPU yang berkualitas tinggi, tentunya akan lebih hemat jika menggunakan GPU eksternal ini.

Cara Kerja eGPU

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu eGPU mungkin Sobat sekalian penasaran dengan cara kerja alat ini. GPU Eksternal bekerja sama seperti apa yang dilakukan oleh kartu grafis eksternal lain pada desktop PC. Namun, pada praktiknya eGPU lebih mudah digunakan karena terdapat fitur plug and play atau tinggal colok ke port lalu GPU tersebut bisa digunakan. Tanpa harus konfigurasi yang rumit.

Akan tetapi, tidak sembarang port yang mendukung GPU Eksternal. Untuk menggunakan komponen tersebut, laptop Sobat harus mempunyai port Thunderbolt atau USB 3.1 Gen 1. Hal ini dikarenakan eGPU harus bekerja dengan transfer data atau bandwith yang tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh port yang telah disebutkan tadi. Hal ini menjadi masalah baru bagi Anda yang mempunyai laptop namun tidak memiliki port tersebut.

eGPU biasanya memiliki case tersendiri untuk menanamkan kartu grafis di dalamnya. Case ini juga memiliki power supply untuk daya listriknya dan dilengkapi juga dengan sebuah sistem pendingin di dalamnya. eGPU juga mengakomodasi beragam kartu grafis mulai dari yang standar atau entry level sampai dengan model yang high-end.

Penutup

Jika Sobat menginginkan performa yang lebih baik pada laptop khususnya pengolahan grafis maka hal ini menjadi alternatif yang bisa dilakukan daripada membeli laptop dengan kartu grafis yang tinggi namun dengan harga yang puluhan juta. Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan adalah apakah laptop Sobat mempunyai port seperti Thunderbolt atau USB 3.1 untuk menjalankan komponen add on device ini.

Selain itu, harga yang ditawarkan untuk perangkat ini juga lumayan terbilang mahal dengan harga yang jutaan. Atau bahkan bisa seharga dengan laptop gaming yang paling murah. Namun, yang perlu Sobat ketahui adalah harga yang mahal akan memberikan kualitas yang baik pula. Artikel ini bisa menjadi sedikit gambaran bagi Sobat yang ingin mencoba menggunakan komponen ini. Tentunya dengan konfigurasi yang sederhana, Sobat bisa memainkan game favorit tanpa adanya lag lagi.

Posting Komentar

0 Komentar