Google Nest Mini, Speaker Pintar Untuk Mendukung Smart Home


Hello sobat, memasuki era revolusi industri 4.0 teknologi yang ada pada saat ini terus mengalami perkembangan. Bahkan, teknologi yang sering kita saksikan di film-film sci-fi pun mulai diciptakan oleh para peneliti. Seperti misalnya Internet of Things (IoT), Augmented Reality, Artifical Intelegence, Additive Manufacturing, Cloud Computing, termasuk juga dengan Smart Home System.

Smart home system atau sistem rumah pintar secara sederhana dapat diartikan sebagai bangunan rumah atau gedung yang dilengkapi teknologi canggih, sehingga seluruh perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung. Hal tersebut memungkinkan kita untuk mengendalikan perlengkapan dan peralatan yang ada di dalam sebuah rumah atau gedung secara remote atau jarak jauh.

Sistem rumah pintar sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2000-an silam. Akan tetapi, sistem rumah pintar di Indonesia belakangan ini baru mendapatkan perhatian dari publik. Seperti di wilayah Jakarta dan Bali misalnya. Kedua wilayah tersebut disebut-sebut sebagai wilayah dengan jumlah peminat smart home tertinggi. Jumlahnya pun semakin bertambah sampai saat ini. Hal tersebut dikarenakan mudahnya proses instalasi dan perusahaan jasa instalasinya juga banyak.

Melihat semakin bertambahnya peminat smart home di Indonesia, pada jumat (28/2/2020) di Central Park, Jakarta, Google resmi meluncurkan produk Google Nest Mini (Generasi ke-dua) di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung sistem smart home di Indonesia.

Google Nest Mini adalah sebuah perangkat speaker pintar berbasiskan Bluetooth dan juga WiFi. Perangkat tersebut dibekali dengan kemampuan Google Assistant. Sehingga dengan kemampuan Google Assistant tersebut, memungkinkan kita untuk mengontrol perangkat smart home lain hanya dengan menggunakan suara melalui Google Nest Mini.

Menariknya lagi, Google Nest Mini telah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, kita bisa menggunakan perintah suara dengan bahasa Indonesia. 


Fitur Google Nest Mini

Google Nest Mini dapat mengontrol ribuan produk smart home lain dengan menggunakan perintah suara. Perintah suara dimulai dengan ‘Ok Google’ untuk menjalankan fungsinya seperti menyalakan atau mematikan lampu, menyalakan smart TV, menyetel alarm, membuat pengingat, memutar musik, dan masih banyak lagi. 

Google Nest Mini ini juga mampu mengenali latar belakang suara noise. Dengan begitu, perangkat ini dapat membedakan mana suara yang memang perintah untuk Google Assistant dan mana suara gangguan.

Selain itu, perangkat ini juga didukung audio tuning software yang membuat kualitas suara Nest Mini ini sangat jernih. Google juga telah berpartner dengan penyedia layanan musik dan video streaming seperti YouTube Music, Netflix, Spotify, dan Joox.

Itulah ulasan mengenai speaker pintar Google Nest Mini sobat. Perangkat ini tersedia dalam dua varian warna yaitu Chalk dan Harcoal. Untuk harganya sendiri perangkat ini dibandrol sebesar Rp799.000 dan bisa dibeli di marketplace yang ada.

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »