RAM dan ROM, bedanya apa sih?


Hello sobat, pada era digital ini, komputer ataupun smartphone menjadi piranti yang penting untuk menunjang kehidupan kita. Bahkan, sudah menjadi suatu kebutuhan sendiri. Apalagi sekarang ini sudah zamannya sosial media. Akan tertinggal sekali bukan apabila kita tidak mengikutinya. Terutama bagi kaum-kaum millenial yang menggeluti hobi dan bisnis di sosial media.

Ketika ingin membeli laptop, smartphone maupun komputer, apa sih yang menjadi pertimbangan sobat? Apakah prosesornya, kapasitas memori seperti RAM dan ROM, ataukah kualitas kameranya?. Tentunya sobat punya pilihan dan kebutuhan masing-masing kan. Ngomog-ngomong soal RAM dan ROM, sebenarnya apa sih perbedaan keduanya?

Random Acces Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) adalah sistem memori di komputer ataupun smartphone. RAM dan ROM mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda, meski berstatus sama sebagai penyimpan data. RAM berfungsi untuk membaca data dan sebagai penyimpanan sementara sedangkan ROM berfungsi untuk menyimpan firmware atau perangkat terintegrasi berupa perangkat lunak contohnya seperti kode booting (BIOS).

RAM adalah sistem memori yang mampu mencadangkan semua data dalam jangka waktu tertentu atau real-time saat CPU menjalankan aplikasi atau program di komputer maupun smartphone. Saat aplikasi atau program berjalan, informasi berubah secara aktif sehingga dibutuhkan RAM untuk menyimpannya. Singkatnya adalah ketika kita membuka sebuah program aplikasi maka datanya akan disimpan di dalam RAM agar dapat diakses dengan cepat oleh prosesor. Kecepatan proses data ini dipengaruhi oleh kapasitas dari RAM tersebut. Semakin besar kapasitas RAM-nya maka akan semakin cepat pula proses datanya.

ROM adalah jenis memori atau tempat penyimpanan data di dalam perangkat komputer atau perangkat elektronik lainnya yang beguna untuk menyimpan informasi firmware. Informasi firmware ini berisi tentang kode-kode program yang diperlukan komputer atau smartphone untuk bisa dijalankan, sehingga ROM ini mempunyai peranan yang penting untuk keperluan booting. firmware mirip seperti sistem operasi pada sebuah komputer. Komputer tanpa adanya sistem operasi tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar, penggunanya tidak dapat memberikan inputan perintah yang dapat diproses komputer. Begitu pula halnya dengan firmware. Tanpa adanya firmware dalam perangkat keras, maka sebuah perangkat keras tidak dapat menerima perintah untuk dieksekusi.

ROM ini termasuk dalam kelompok perangkat keras komputer yang berupa chip memori semi konduktor. Sesuai dengan namanya, “read-only”, maka data yang ada di dalam ROM ini tidak dapat diubah, melainkan hanya bisa dibaca saja. Alasan mengapa data tersebut tidak bisa diubah maupun dihapus adalah karena data tersebut berisi informasi kode yang membuat kompone-komponen dalam komputer ataupun smarthphone bisa berkomunikasi dan berjalan sebagai mana mestinya.

Perbedaan RAM dan ROM terletak pada kapasitasnya. RAM umumnya memiliki kapasitas MB hingga GB dengan kecepatan cukup tinggi dibandingkan dengan ROM. RAM juga bisa ditingkatkan kapasitasnya. Berbeda dengan ROM yang tidak bisa diotak-atik karena diisi oleh pabrik pembuatnya sendiri. Selain itu pada segi keamanan, penyimpanan data pada ROM cenderung lebih aman dibandingkan dengan RAM karena ROM bersifat permanen. Perbedaan RAM dan ROM juga tampak dari jenis produk yang digunakan. ROM memiliki jenis PROM atau Programmable Read Only Memory yang diproduksi sebagai memori kosong. Contohnya CD-ROM. Sedangkan RAM memiliki berbagai jenis produk. Namun ada dua yang umum digunakan yakni DRAM dan SRAM. DRAM biasanya hadir dalam satu paket dalam sistem hardware standar. Untuk kecepatan, SRAM lebih cepat daripada DRAM. Hal ini terjadi karena DRAM butuh refresh ribuan kali. DRAM memiliki kecepatan 60 nanodetik, sedangkan SRAM 10 nanodetik.

Bagaimana sobat sudah mengerti bukan?. Intinya adalah RAM merupakan memori yang berfungsi untuk membaca data dan sebagai penyimpanan sementara sedangkan ROM berfungsi untuk menyimpan firmware. 

Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat untuk menentukan spesifikasi dalam membeli komputer maupun smartphone. Arigatou Gozaimasu!



Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar