Cara Menginstal dan menggunakan TOR Browser dengan Aman

Hello sobat, setelah mengetahui apa itu TOR Browser, kelebihan serta kekurangannya. Mungkin sobat ingin mencoba sendiri bagaimana experience menggunakan peramban tersebut. Namun, karena peramban Tor ini sedikit berbeda dengan peramban lainnya, maka cara menggunakannya pun berbeda. Tidak seperti yang lainnya, Tor merupakan perangkat lunak portabel yang tidak terintegrasi dengan sistem operasi seperti Windows. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan peramban ini dari mana saja, bahkan bisa dijalankan di drive USB. 

Sebelum menggunakannya anda harus mengunduh peramban ini terlebih dahulu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengunduh peramban ini di website sembarangan sebab bisa saja itu versi yang berbahaya. Akan tetapi, jangan khawatir sobat pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara mengunduh dan menggunakan Tor Browser.


Baca Juga: Memahami Tor Browser Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengunduh Tor Browser  

Untuk menggunakan peramban ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduhnya. Agar keamanannya selalu terlindungi unduhlah Tor di website resminya di sini. Ada beberapa platform yang disediakan yaitu Windows, OS X, Linux, dan Android. Unduhlah sesuai dengan platform yang anda gunakan. Namun, jika anda tidak bisa mengakses situs Tor Project karena diblokir oleh jaringan anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah unduh di laman mirror resmi Tor, melalui GetTor, dan email. Silahkan anda pelajari pada laman berikut ini atau kirim surel ke gettor@torproject.org dengan versi yang anda butuhkan (Windows, OSX, atau Linux) pada badan surel.

Memasang TOR Browser

Setelah anda mengunduh Tor lewat laman resminya, langkah selanjutnya adalah memasang browser tersebut. Untuk memasang browser tersebut ikuti langkah dibawah ini.

1.     Temukan folder tempat anda menyimpan paket file Tor Browser.

2.     Setelah itu, klik kanan pada file tersebut lalu klik [Buka].

3.     Kemudian pilih bahasa yang ingin anda gunakan untuk Tor Browser dan klik [Ok].

4.     Pilih folder dimana anda ingin menginstal Tor Browser.

5.     Setelah anda memilih tempat menginstalnya maka klik [Instal], maka Tor akan memulai proses menginstal.

6.     Jika telah terinstal, klik [selesai], anda juga dapat langsung menjalankannya dengan cara aktifkan centang pada pilihan (Jalankan Tor Browser) pada laman tersebut.

Mengkonfigurasi Koneksi Tor Browser ke Jaringan Tor

Pada saat pertama kali menjalankan Tor Browser, peramban tersebut akan menanyakan bagaimana sebaiknya dia terhubung ke Internet. Ada dua opsi yang diberikan yaitu:

·       Direct Access (Akses Langsung): Jika akses Internet sobat tidak dibatasi dan penggunaan Tor tidak diblokir, dilarang, atau dipantau di tempat anda berada maka anda bisa memilih opsi ini.

·       Restricted Access (Akses Terbatas): Jika akses Internet sobat dibatasi atau penggunaan Tor diblokir, dilarang, atau dipantau di tempat anda berada maka anda bisa memilih opsi ini. 

Setalah anda menentukan konfigurasi diawal maka dia akan terus terhubung ke jaringan Tor tanpa konfigurasi lebih lanjut. Namun, jika dibutuhkan anda dapat mengganti pengaturan konfigurasi tersebut kapanpun dari dalam Tor Browser.

Selanjutnya adalah bagaimana cara anda terhubung dengan cara Direct Access ataupun Restricted Access. Jika anda memilih opsi yang pertama yaitu Direct Access anda hanya perlu klik [connect] untuk meluncurkan Tor Browser. Setalah itu, tunggu beberapa saat dan Tor Browser akan terbuka. Namun, jika anda memilih opsi Restricted Access, maka anda perlu menggunakan bridge relay. Bridge lebih sulit untuk diblokir karena tidak terdaftar pada direktori publik relay Tor. Ada dua cara untuk menggunakan bridge yaitu mengaktifkan provided bridge (bridge yang tersedia) atau anda dapat meminta custom bridge (bridge khusus).

Cara Terhubung ke Jaringan Tor dengan Provided Bridge

Ketika anda pertama kali menjalankan peramban Tor maka anda akan di arahkan pada jendela Tor Network Settings. Setalah itu klik [Configure] untuk memulai konfigurasi jaringan. Berikut langkah-langkahnya.

1.     Setelah anda mengklik [Configure] maka laman akan memberikan pertanyaan kepada anda apakah jaringan anda di blok oleh ISP dan pilih Yes.

2.     Klik [Next] untuk menampilkan layar bridge configuration.

3.     Pilih Connect with provided bridges (Terhubung dengan bridge yang tersedia).

4.     Klik [Next] untuk menampilkan layar local proxy configuration.

5.     Setelah itu, Tor Browser akan menanyakan apakah anda perlu menggunakan proksi lokal untuk mengakses Internet. Langkah di bawah berasumsi bahwa anda tidak perlu, maka pilih No.

6.     Klik [Connect] untuk meluncurkan Tor Browser.

Cara Terhubung Ke Jaringan Tor Dengan Custom Bridge

Cara lain untuk terhubung adalah dengan menggunakan custom bridge. Cara ini lebih sedikit digunakan orang dibandingkan dengan Provided Bridge. Oleh karena itu, memiliki kemungkinan untuk di blokir. Anda bisa mendapatkan alamat custom bridge dengan mengunjungi https://bridges.torproject.org/options. Berikut langkah-langkahnya.

1.     Klik berikan saya bridges!

2.     Isi captcha dan tekan enter.

3.     Setelah itu, anda akan mendapatkan tiga alamat bridge.

4.     Lalu, anda bisa memasukkannya ke dalam layar Tor Bridge Configuration (Konfigurasi Tor Bridge) dan klik next.

5.     Jika anda tidak bisa mengakses situs web Tor Project, anda dapat meminta alamat custom bridge dengan mengirimkan email ke bridges@torproject.org Tambahkan kata-kata, get bridges pada badan email anda.

Itulah langkah-langkah untuk mengunduh dan menggunakan Tor Browser. untuk lebih jelasnya anda dapat menonton video dibawah ini.


Beberapa hal yang harus diperhatikan

1.     Jangan mengunjungi situs web yang hanya menggunakan HTTP. Tor ini tidak mengenkripsi lalu lintas data di luar jaringan Tor sehingga membuat Anda tetap rentan setelah lalu lintas data anda mencapai simpul keluar Tor sebab di sini tidak dienkripsi. Oleh karena itu, anda sebaiknya selalu menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung seperti SSL atau TLS, dan selalu mengunjungi situs yang menggunakan HTTPS.

2.     Tor tidak dibangun untuk berbagi berkas peer-to-peer (P2P) dan kemungkinan besar akan diblokir oleh banyak simpul keluar. Oleh karena itu, jangan menggunakan lalu lintas P2P dalam Tor. Hal tersebut juga dapat memperlambat penjelajahan pengguna lain dan menjadi ancaman terhadap anonimitas online anda.

3.     Selalu menghapus Cookies dan jangan menggunakan email anda yang asli. 

Itulah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menggunakan Tor Browser. Anda dapat meningkatkan anonimitas anda dalam berseluncur di Internet dengan menggunakan Tor. Namun, gunakanlah hal tersebut untuk kebaikan dan jangan melanggar hukum yang berlaku. Semoga bermanfaat sobat!

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »