Memahami Core dan Thread Pada Prosesor Secara Mendalam



Hello sobat, perkembangan teknologi saat ini memberikan efektifitas dan kemudahan dalam melakukan suatu pekerjaan. Baik pekerjaan pada skala industri, perusahaan, maupun pekerjaan pribadi kita. Pekerjaan yang biasanya diselesaikan berbulan-bulan kini bisa selesai dalam beberapa hari saja jika menggunakan teknologi. Teknologi tersebut salah satunya adalah teknologi komputer.

Sejak pertama kali diciptakannya pada tahun 1946 hingga sekarang, komputer selalu mengalami perkembangan. Dari yang dulunya berbobot hingga 30 ton, sekarang hanya beberapa kg saja. Hal tersebut merupakan peran dari microprosesor yang membuat ukurannya semakin kecil dan lebih effisien.

Microprosesor merupakan chip yang memiliki ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit yang saling terhubung. Microprosesor memiliki teknologi core dan thread di dalamnya yang membuatnya semakin canggih. Lalu, apakah core dan thread itu sebenarnya?

Core dan Thread

Core pada prosesor adalah sebuah processing unit yang membaca dan menerima intruksi serta melakukan perhitungan, atau tindakan berdasarkan intruksi dari pengguna. Serangkaian instruksi tersebut dapat memungkinkan program perangkat lunak melakukan fungsi tertentu.

Prosesor dapat memiliki satu inti atau beberapa inti (multicore). Inti tersebut dapat berjumlah dua, empat, delapan, hingga tiga puluh dua. Semakin banyak inti yang dimiliki oleh prosesor, semakin banyak juga set instruksi yang dapat diterima dan diproses prosesor pada saat bersamaan atau yang biasa disebut multitasking.

Multitasking memungkinkan kita menjalankan beberapa program secara bersamaan. Contohnya ketika mengetik artikel sambil membuka browser dan mendengarkan musik serta meminum secangkir kopi hehe. Hal tersebut dikarenakan banyaknya inti pada prosesor sehingga program dapat dieksekusi secara bersamaan. Jika prosesor tidak memiliki banyak inti maka ketika kita menjalankan banyak program akan membuat komputer menjadi lambat bahkan mengalami error. 

Core memiliki tahapan-tahapan proses. Proses pertama yaitu fetch, pada proses ini core pada prosesor menunggu untuk menerima perintah atau instruksi. Selanjutnya adalah proses coding atau decode, berlanjut pada execute, dan terkahir writeback.

Sedangkan thread sendiri artinya benang, dapat juga diartikan jalur. Thread adalah bagian dari core. Teknologi thread memungkinkan prossesor dapat memproses instruksi lebih terstruktur dan terjadwal. Karena multi thread membuka lebih banyak jalur untuk masuk ke core sehingga pemrosesan lebih terurut. Singkatnya thread ini merupakan jalur yang memungkinkan core dapat berkomunikasi dengan core lainnya.

Sumber : c.mi.com

Cara kerja thread yaitu pada saat prosesor memproses instruksi komputer. 1 core dalam prosesor hanya akan memproses 1 instruksi saja dalam 1 waktu, dan instruksi lain menunggu antrian. Instruksi ini akan mengantri panjang dan dikirimkan dalam bentuk single thread, sedangkan dalam multi thread antrian panjang ini dibagi menjadi 2 sehingga sebuah instruksi tidak harus mengantri dulu, tapi dapat langsung diproses oleh excecution unit yang semula menganggur. (sumber : sahretech.com).

Itulah penjelasan mengenai core dan thread sobat. Kesimpulannya semakin banyak inti pada prosesor maka semakin banyak pula proses yang dapat dilakukan secara bersamaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat. Terima kasih. 

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
23 Juni 2020 18.09 delete

Informatif, jangan lupa kunjungi balik blog saya ya

https://kabarinformasiaktual.blogspot.com/

Reply
avatar
24 Juni 2020 21.23 delete

semoga bermanfaat bang

Reply
avatar