Tutorial Membersihkan Smartphone Dengan Aman dan Mudah



Hello sobat, jumlah kasus positif virus corona masih meningkat tiap harinya. Meskipun begitu, kita dihadapkan dengan pola hidup baru yang disebut dengan new normal. Hal tersebut tentunya untuk menekan jumlah kasus positif dan membuat ekonomi terus berjalan.

Meskipun tim peneliti Indonesia sudah mengklaim telah menemukan obatnya. Akan tetapi, kita masih harus tetap waspada. Karena yang ditemukan baru obatnya bukan vaksinnya. Sehingga kita masih berpotensi untuk terjangkit virus tersebut. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan dan tetap mengikuti protokol yang dianjurkan oleh pemerintah.

Tidak hanya kebersihan tubuh saja yang harus dijaga sobat. Akan tetapi, benda-benda di sekitar kita juga harus dijaga kebersihannya seperti smartphone. Mengingat smartphone merupakan benda yang selalu menemani kita kemana pun kita pergi. Lantas bagaimana cara membersihkannya dengan aman?

Cara Membersihkan Smartphone

Ketika membersihkan smartphone kita harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Terutama pada sisi layarnya, karena tidak bisa menggunakan alkohol dengan kadar yang tinggi atau cairan pembersih biasa. Hal tersebut dikarenakan layar smartphone memiliki lapisan tipis yang bernama oleophobic. Fungsi lapisan tersebut adalah melindungi layar dari bekas sidik jari di layar. Jika lapisan ini hilang, maka layar smartphone akan mudah kotor oleh jejak sidik jari.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan produk pembersih khusus untuk membersihkan layar. Produk tersebut bisa kita temukan di berbagai marketplace. Selain itu, kita juga bisa membersihkan smartphone kita dengan alat dan bahan berikut ini.

1.      Gunakan Kain Lembut atau Kain Microfiber

Cara ini termasuk cara yang mudah dan aman serta bisa kita praktikan di rumah. Menggunakan kain yang lembut adalah salah satu alat untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada layar ponsel. Jika kita menggunakan kain yang memiliki tekstur yang kasar hal tersebut tentunya akan menggores permukaan layar ponsel kita.

2.      Gunakan Air Bersih

Jika sobat merasa menggunakan kain saja tidak cukup bersih, maka sobat bisa mengkombinasikannya dengan air bersih. Tidak perlu air yang matang, menggunakan air keran juga bisa asalkan air tersebut bersih. Cara pengaplikasiannya juga mudah sobat tinggal tuangkan air pada kain secukupnya. Setelah itu usap pada bagian smartphone secara perlahan dan menyeluruh. Usahakan usap dengan hati-hati dan jangan ditekan. Setelah dirasa cukup, langkah selanjutnya sobat tinggal mengusapkan kain yang lainnya hingga permukaan smartphone kering dan tidak lembab.

3.      Gunakan Cotton Bud

sumber : jalantikus.com

Cotton bud juga bisa menjadi opsi untuk membersihkan smartphone. Namun perlu diperhatikan, Cotton Bud yang akan digunakan harus memiliki kapas yang sangat lembut sehingga tidak akan menggores layar smartphone sobat. Cara menggunakannya sebagai berikut.

·       Tuangkan 1 atau 2 tetes air bersih pada ujung Cutton Bud

·       Usapkan Cotton Bud pada bagian layar Smartphone

·       Usapkan juga di sela-sela layar Smartphone

Dengan 3 langkah tersebut kita bisa membersihkan smartphone dengan mudah. Akan tetapi, jangan berlebihan dalam menuangkan airnya ke Cotton Bud sebab dapat merusak smartphone.

4.      Gunakan Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih ternyata tidak hanya digunakan untuk masuk angin saja. Namun, dapat menjadi alternatif untuk membersihkan smartphone. Dalam pengaplikasiannya minyak kayu putih ini tidak boleh berlebihan dan jangan langsung dituangkan pada smartphone sobat. Berikut cara pengaplikasiannya.

·       Tuangkan sedikit minyak kayu putih pada kain bersih

·       Usapkan perlahan dan secara menyeluruh pada bagian smartphone

·       Lalu, setelah dirasa cukup usap lagi bagian smartphone menggunakan kain bersih.  

5.      Gunakan Gel Handwash

sumber : qikihow.blogspot.co.id

Selain cara yang telah disebutkan diatas sobat juga bisa menggunakan gel pembersih tangan. Namun, gel ini mengandung alkohol. Oleh karena itu, gunakanlah gel pembersih tangan yang kadar alkoholnya rendah yaitu, 40% alkohol dan 60% air. Cara menggunakannya pun jangan langsung dituangkan di layar smartphone. Melainkan tuangkan sedikit pada kain yang bersih dan lembut. Setelah itu, usapkan secara menyeluruh pada bagian smartphone sobat.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan smartphone kita sobat. Agar lebih bersih dan aman dari bakteri maupun virus sobat bisa membeli cairan khusus untuk membersihkan layar smartphone. Harganya pun tidak mahal, sekitar 20 ribuan saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share dan komen ya sobat. Terima kasih.

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »