Tips Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula Dengan Mudah


Hello sobat, memiliki kemampuan pemrograman merupakan hal yang sangat menguntungkan pada saat ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan akan aplikasi terus meningkat. Hal-hal sederhana yang bisa dilakukan secara manual pun dilakukan dengan bantuan aplikasi. Apalagi hal-hal yang lebih kompleks seperti proses bisnis suatu perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan untuk membuat suatu aplikasi sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, banyak orang yang beranggapan bahwa kegiatan tersebut sulit untuk dilakukan. Terlebih jika tidak memiliki sama sekali pengalaman di bidang pemrograman. Walaupun pada kenyataannya, banyak orang yang sukses di bidang pemrograman belajar secara otodidak. Contohnya adalah Bill Gates, pendiri Microsoft, atau Steve Wozniak, co-founder Apple dan masih banyak yang lainnya. Dengan melakukan latihan yang konsisten dan banyak belajar akan membantu anda untuk menguasai kemampuan tersebut. Namun, jika anda masih bingung bagaimana cara memulai untuk mempelajarinya, beberapa tips di bawah ini akan membantu anda belajar bahasa pemrograman dengan mudah.


Tips Belajar Pemrograman

Pemrograman adalah suatu kegiatan membuat program komputer dengan barisan kode. Kegiatan ini biasa juga disebut dengan coding. Kode-kode tersebut memiliki aturannya sendiri yang disebut sebagai bahasa pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman dengan fungsinya yang beragam. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menentukan akan mempelajari pemrograman apa dan menggunakan bahasa yang mana. Bahasa pemrograman juga memiliki karakteristiknya masing-masing, namun bisa dipelajari dengan cara yang sama. Berikut tips-tips untuk belajar bahasa pemrograman.

Baca Juga: Bahasa Pemrograman Untuk Pemula yang Mau Belajar Coding

1. Tentukan bahasa pemrograman yang dibutuhkan

 Seperti yang telah saya sebutkan sebelummnya, ada banyak sekali bahasa pemrograman dengan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menentukan mau mempelajari pemrograman apa. Misalnya anda ingin belajar pemrograman web. Web sendiri memiliki 2 jenis, front-end atau sisi tampilan dan back-end atau sisi server.

Sebagai seorang pemula pelajarilah salah satunya terlebih dahulu. Jika anda ingin belajar front-end, anda bisa mempelajari bahasa fundamental untuk web seperti Html, CSS, JavaScript. Jika anda ingin belajar back-end, anda bisa mempelajari PHP atau SQL. Fokus terhadap salah satu terlebih dahulu. Agar anda tidak merasa burnout dan menyerah di tengah jalan. Ketika anda telah menguasainya, barulah anda bisa mencoba bahasa pemrograman yang lain untuk meningkatkan kemampuan anda.

2. Tentukan cara belajar anda

Setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing. Anda tidak bisa memaksakan cara belajar anda sama dengan orang lain. Sebab, hal tersebut akan cepat membuat anda bosan dan belajar menjadi tidak efektif. Secara teori, dalam proses belajar pemrograman sendiri ada dua metode yang bisa anda lakukan yaitu secara active learning dan passive learning.

Active learning adalah metode belajar pemrograman dengan cara mempraktikannya langsung. sedangkan, passive learning adalah metode belajar pemrograman secara teori dengan membaca atau menonton tutorial. Anda bisa mengkombinasikan kedua cara tersebut. Untuk rasionya sendiri bisa anda sesuaikan dengan cara belajar anda. Penting bagi anda untuk mengetahui teorinya secara mendasar agar dapat mempraktikannya dengan mudah.

Anda juga bisa mencoba belajar dengan metode studi kasus. Ada banyak sekali tutorial pemrograman di Internet yang memberikan penjelasan dengan cara studi kasus. Hal tersebut akan terasa lebih menarik, sebab anda mengetahui langsung apa fungsi sebenarnya dari kode yang anda pelajari. Selain itu, dengan cara belajar seperti itu anda akan membuat program-program sederhana anda sendiri. Menarik sekali bukan!

3. Ikuti kelas online atau Bootcamp

Mengikuti kelas online atau bootcamp akan sangat bermanfaat. Terlebih jika anda bukan mahasiswa IT. Kegiatan tersebut akan membuat anda mendapatkan mentor dan teman belajar yang bisa membantu anda mempelajari bahasa pemrograman. Memiliki mentor akan membuat belajar anda lebih terarah dan memiliki tempat untuk bertanya jika menemukan masalah dalam proses belajar.

Ada banyak sekali kelas online pemrograman atau Bootcamp di Internet. Dari yang berbayar hingga yang tidak berbayar. Anda tinggal mencarinya saja atau bertanya kepada teman anda yang pernah mengikuti program tersebut. Dengan fasilitas yang diberikan tentunya akan sangat worth it untuk menginvestasikan sedikit uang anda dengan mengikut kelas tersebut.

4. Bergabung dengan komunitas programming

Membangun relasi dengan programmer senior akan membantu anda dalam belajar. Tentunya mereka akan membagikan pengalaman dan informasi-informasi penting lainnya dengan anda. Hal itu bisa anda dapatkan jika bergabung dengan komunitas programming online yang ada di media sosial. Selain itu, anda juga memiliki kesempatan untuk selalu mengembangkan diri, skill, dan pengetahuan. Sekaligus dapat bertanya langsung kepada ahlinya jika anda memiliki masalah yang tidak bisa anda selesaikan sendiri ketika belajar bahasa pemrograman dengan cara otodidak.

5. Belajar dengan konsisten

Untuk bisa menguasai bahasa pemrograman anda harus benar-benar menginvestasikan waktu anda. Belajar bahasa pemrograman tidak bisa hanya semalam saja. Anda harus konsisten dalam belajar maupun berlatih. Oleh karena itu, sangat bagus bila anda memiliki jadwal dalam belajar dan berkomitmen terhadap jadwal tersebut. Misalnya 1-2 jam dalam satu hari. Dengan begitu, anda akan mulai terbiasa dan pembelajaran akan menjadi lebih efisien.

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu anda membuat jadwal tersebut sekaligus menjadi pengingat apabila anda lupa. Seperti misalnya Google Keep, aCalender, any.do: To-do List, dan lain-lain. Anda bisa mengatur jadwal belajar anda dengan aplikasi tersebut dan aplikasi tersebut akan mengingatkan anda untuk belajar.

6. Istirahat

Belajar dengan bersungguh-sungguh memang hal yang baik. Hal tersebut akan membuat anda lebih cepat dalam menguasai kemampuan tersebut. Akan tetapi, sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik. Proses belajar anda tidak akan efisien jika anda tidak bisa fokus karena kelelahan. Oleh karena itu, Anda tidak harus belajar pemrograman setiap hari. Sediakan hari untuk beristirahat dan menenangkan pikiran anda. Jika memang perlu anda juga bisa sedikit berlibur dan mengerjakan hobi anda. Tentunya pikiran anda akan menjadi lebih fresh dan kegiatan belajar akan lebih efektif.

Penutup

Itulah 6 tips belajar bahasa pemrograman untuk pemula yang bisa anda terapkan dalam proses pembelajaran anda. Tentunya setiap orang memiliki gaya belajarnya sendiri. Oleh karena itu, silahkan anda sesuaikan dengan cara anda belajar. Dengan begitu, kegiatan belajar akan terasa lebih efektif dan juga efisien. Belajar dengan konsisten dan menyediakan waktu untuk beristirahat akan memudahkan anda dalam memahami teori-teori maupun hal-hal praktikal dari bahasa pemrograman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »