Jaringan 5G di Indonesia Beserta Kelebihannya - Mediaagni


Hello Sobat, hadirnya jaringan 5G di Indonesia memberikan dampak yang sangat baik bagi pengembangan teknologi yang ada saat ini. Jaringan tersebut bisa mendukung Industri 4.0, pengembangan Smart City, Smart Air Patrol, Smart Surveillance, dan lain-lain. Hal tersebut tidak lain karena jaringan 5G memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya, khususnya dalam hal kecepatan. Meskipun pada awalnya jaringan 5G mendapatkan banyak penolakan dari berbagai kalangan karena bahaya radiasi yang ditimbulkannya. Namun, kekhawatiran akan bahaya tersebut telah dibantah oleh sejumlah ahli. 

Telkomsel merupakan vendor pertama yang menghadirkan jaringan 5G di Indonesia. Layanan 5G ini, diluncurkan pada Kamis (27/5/2021). Akan tetapi, layanan 5G yang dimiliki Telkomsel belum bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Jaringan 5G tersebut baru bisa dinikmati di beberapa daerah saja. Adapun daerah-daerah tersebut adalah Medan, Balikpapan, Surakarta, dan Jabodetabek. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa tahun mendatang jaringan 5G bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Layanan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz). Melansir dari laman telkomsel.com, secara teori sinyal 5G bisa memberikan kecepatan download hingga 400Mbps untuk Orbit dan hingga 750Mbps untuk Mobile. Namun, rata-rata pengalaman download bisa mencapai kecepatan hingga 100Mbps – 250Mbps. Hal tersebut tergantung oleh beberapa faktor, yaitu kualitas sinyal, kapabilitas perangkat 5G yang digunakan, dan kepadatan pelanggan 5G di lokasi tersebut.

Untuk dapat menggunakan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu menggunakan Smartphone yang mendukung jaringan Telkomsel 5G, nomor telah mengaktifkan layanan 5G, lokasi sudah tercakup jaringan 5G, dan Sobat masih bisa menggunakan SIM card lama tapi dengan tipe USIM.

Baca Juga: Smartphone 5G dengan harga murah di Indonesia

Vendor lainnya yang menghadirkan jaringan 5G di Indonesia adalah Indosat Ooredoo. Layanan tersebut di luncurkan Indosat Ooredoo pada Selasa (22/6/2021). Adapun daerah yang bisa menikmati layanan 5G Indosat Ooredoo tersebut adalah Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Berbeda dengan Telkomsel yang menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz dengan lebar pita 30 MHz, Indosat Ooredoo menggunakan frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz. Meskipun begitu, perbedaan kecepatan jaringan 5G antar kedua vendor tersebut tidak terlalu signifikan.

Jika Sobat ingin mencoba menikmati layanan jaringan 5G Indosat Ooredoo ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu Sobat harus menggunakan perangkat atau device yang sudah mendukung layanan 5G Indosat Ooredoo, berada di area jangkauan layanan 5G Indosat Ooredoo, dan menggunakan kartu atau SIM card dengan tipe USIM.

Kelebihan Jaringan 5G Dibandingkan dengan 4G

Jaringan 5G memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu jaringan 4G. Kecepatan jaringan 5G sendiri dapat mencapai hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang hanya memiliki kecepatan 49-50 Mbps, yaitu mencapai hingga 10 Gbps. Adapun kelebihan lainnya yaitu sebagai berikut.

1. Memiliki Latensi yang Lebih Rendah

Latensi adalah waktu yang dibutuhkan oleh data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan milidetik. Atau dalam arti lain merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam penghantaran data dari pengirim ke penerima. Semakin tinggi latensi maka semakin lama pula perjalanan data tersebut.

Jaringan 5G memiliki latensi yang lebih rendah dari jaringan 4G. Bahkan, latensi yang dimiliki oleh jaringan 5G diklaim 10 kali lebih rendah dari 4G atau sekitar 1 milidetik. Rendahnya latensi tersebut memiliki dampak yang positif untuk perkembangan teknologi seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan kendali mobil otomatis.

2. Kecepatan Data yang Lebih Tinggi

Kecepatan ideal jaringan 5G dapat mencapai hingga 10 Gbps (Gigabits per second). Kecepatan data tersebut merupakan 100x lipat dari kecepatan sinyal 4G. Peningkatan kecepatan ini membuat proses mengunduh data yang berukuran besar dapat dilakukan dalam waktu beberapa detik saja. Selain itu, teknologi yang ada pada saat ini juga membutuhkan kecepatan data yang tinggi untuk mengoptimalkan penggunaannya. Oleh karena itu, kecepatan dari jaringan 5G ini sangat dibutuhkan.

3. Mampu Menghubungkan Perangkat Lebih Banyak

Karena peningkatan teknologi dari yang sebelumnya, jaringan 5G mampu menghubungkan perangkat lebih banyak dari jaringan 4G tanpa bermasalah. Peningkatan kapasitas ini membuat 5G dapat menjembatani hingga jutaan perangkat dalam skala kilometer persegi. Setiap perangkat tersebut memiliki akses berbagi informasi yang sangat cepat secara real time. Peningkatan jumlah perangkat yang lebih banyak ini tentunya dapat membantu mewujudkan smart city.

Kelebihan yang dimiliki oleh jaringan 5G dapat membantu mengoptimalkan teknologi yang ada pada saat ini. Meskipun di Indonesia sendiri baru beberapa wilayah saja yang bisa menikmatinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika dalam beberapa tahun mendatang jaringan 5G akan tersebar luas ke seluruh wilayah Indonesia. Operator jaringan yang lain pun sedang mengembangkan teknologi ini sehingga di masa yang akan datang tidak hanya Telkomsel dan Indosat Ooredoo saja yang memberikan layanannya.

Jika Sobat ingin mengetahui perkembangan 5G yang dimiliki oleh Telkomsel, Sobat dapat mengunjungi tautan ini dan jika Sobat ingin mengetahui perkembangan 5G yang dimiliki oleh Indosat Ooredoo, Sobat dapat mengunjungi tautan berikut ini.

Sobat dapat menikmati jaringan 5G tersebut dengan cara yang telah saya jelaskan diatas. Meskipun harga yang ditawarkan agak sedikit mahal, tapi akan sangat worth it jika dibandingkan dengan fitur yang dimilikinya. Jadi bagaimana, berminat untuk mencobanya, Sobat?

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »