DuckDuckGo, Mesin Pencari yang Melindungi Privasi Pengguna

Hello Sobat, Internet menyediakan banyak sekali informasi yang kita butuhkan. Informasi tersebut bisa berupa tulisan, gambar, video, ataupun yang lainnya. Baik itu mengenai pendidikan, kesehatan, pekerjaan maupun hal lain yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Semua informasi tersebut bisa kita dapatkan dengan menggunakan mesin pencari di Internet seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Setiap mesin pencari tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam menyediakan informasi yang Anda butuhkan.  

Kebanyakan orang memilih Google untuk melakukan pencarian di Internet. Menurut data dari Internet Live Stats, Google memproses 90 ribuan pencarian pengguna dalam satu detiknya. Hal tersebut karena banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh Google. Dengan algoritma yang selalu saja dikembangkan membuat Google menjadi lebih ramah bagi pengguna dari segi kecepatan hingga tampilannya yang simple tapi elegan. Hampir semua perangkat juga tersematkan Google di dalamnya. Sehingga tidak heran jika pengguna lebih memilih menggunakannya.

Akan tetapi, mesin pencari seperti Google sering mengumpulkan informasi pengguna atau data-data dari penggunanya untuk mengembangkan pencarian Google agar sesuai dengan keinginan pengguna. Jika Anda memiliki masalah dengan privasi tersebut, Anda bisa mencoba alternatif mesin pencari yang lain seperti DuckDuckGo. Mesin pencari tersebut mengklaim selalu memprioritaskan privasi dan keamanan pribadi penggunanya.

Apa itu DuckDuckGo?

DuckDuckGo adalah sebuah mesin pencari yang mengklaim akan memprioritaskan privasi para penggunanya. Mesin pencari ini dikembangkan oleh Gabriel Weinberg bersama dengan timnya yang tergabung dalam DuckDuckGo Inc. Tidak seperti mesin pencari lainnya, DuckDuckGo tidak menggunakan cookie untuk melacak pencarian pengguna dan tidak mengumpulkan informasi pribadi pengguna. Bahkan, mesin pencari ini juga tidak bisa melihat IP Address perangkat penggunanya.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh sang pendiri, Gabriel Weinberg yang dilansir dari WIRED, “Kami melindungi riwayat pencarian pengguna, termasuk dari kami sendiri.”

Mesin pencari yang biasa dikenal juga dengan DDG ini mulai dikembangkan sejak tahun 2008 hingga saat ini. Pada tahun 2010 DDG telah memiliki pencarian harian sebesar 79.000 dan mencapai hingga 31 miliar pencarian harian pada Juni 2019 lalu (sumber: IDN Times). Merupakan angka yang besar untuk sebuah mesin pencari yang baru beberapa tahun diluncurkan. Pertumbuhan yang selalu meningkat tersebut, sebagian dikarenakan oleh kolaborasi dengan browser yang sering digunakan saat ini, yaitu Firefox dan Safari. DDG juga telah menjalin kemitraan dengan Linux dan memiliki aplikasi yang tersedia untuk perangkat IOS dan Android.

Apakah DuckDuckGo Aman?

DDG tidak bisa melacak dan mengetahui aktivitas Anda di Internet. Ketika menggunakan DDG, hasil pencarian tidak akan dipersonalisasi seperti mesin pencari lainnya. Pada saat Anda mengklik sebuah link, DDG akan mencegah situs tersebut untuk mendapatkan informasi tentang Anda. Sehingga pada saat Anda melakukan pencarian dengan mengetikan kata kunci, maka halaman yang akan tampil bergantung pada performa dari situs bukan berdasarkan riwayat pencarian Anda.

Selain dari segi keamanan, DuckDuckGo juga memberikan kenyamanan kepada para pengguna. Tidak ada iklan remarketing di mesin pencari tersebut sehingga Anda tidak akan diikuti oleh iklan-iklan yang mengganggu. Konsep iklan yang ada di mesin pencari DuckDuckGo adalah berdasarkan kata kunci yang diketikkan. Misalnya Anda mengetikan kata kunci pakaian, maka iklan yang tampil adalah iklan pakaian dan sejenisnya. Selain itu, mesin pencari ini juga memiliki fitur untuk menonaktifkan iklan.

Apakah kita bisa mempercayai DDG sesuai dengan apa yang diklaimnya? Mengingat banyak sekali perusahaan Internet yang mengeksploitasi data pribadi pengguna. Bahkan, ada yang sampai menjual data pengguna ke pihak ketiga.

Kepercayaan tentunya balik ke masing-masing pengguna. Namun, yang harus Sobat sekalian ketahui adalah latar belakang dari sang pendiri mesin pencari ini memang berniat untuk membenahi sistem privasi Internet. Selain itu, model bisnis dari DDG sendiri juga baik dengan membuat software-nya menjadi open source, menyediakan extension untuk menjaga privasi, bahkan mendonasikan sebagian pendapatannya untuk yang membutuhkan.

Kelebihan DuckDuckGo

Sebagian kelebihan utama dari mesin pencari ini telah dijelaskan di awal. Akan tetapi, DDG masih memiliki kelebihan lain agar selalu meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan mesin pencari ini. DDG juga memiliki beberapa fitur yang menarik.

1. Memiliki Fitur !Bangs

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki DDG. Fitur ini berupa shortcut yang mampu memberikan hasil pencarian langsung di situs web lain secara langsung. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Menggunakan Tanda (!) di kolom pencarian akan memberitahu DDG bahwa Anda ingin melakukan pencarian di halaman website tertentu.

Misalnya seperti ini, Anda bisa mengetikan !imdb star wars, maka Anda akan langsung masuk ke website imdb yang menampilkan hasil rating dari film star wars. Masih banyak shortcut lainnya yang ada di DDG. Seperti Wikipedia, Amazon, Ebay, Netflix, dan lain-lain. Anda hanya perlu menambahkan tanda (!) dan shortcut website untuk menuju langsung ke halaman website tersebut.

2. Hasil Pencarian Tidak Dipecah

Kelebihan lain selain privasi yaitu, hasil pencarian dari DDG tidak dipecah menjadi beberapa laman. Anda tinggal scroll kebawah untuk menemukan apa yang ingin Anda cari. Fitur unik ini membantu pencarian lebih cepat karena tidak perlu menunggu loading ke halaman selanjutnya.

3. Fitur Unik lain

Selain fitur yang telah dijelaskan diatas, DDG juga memiliki fitur email protection yang dirancang untuk menghentikan perusahaan iklan melacak email Anda. DDG juga memiliki sebuah layanan email pribadi dengan @duck.com.

Terdapat pula fitur menarik lainnya seperti password generator, stopwatch, mendapatkan hasil pencarian definisi dengan cepat, mengecek status dari website, dan fitur lainnya.

Akan tetapi, dibalik kelebihan-kelebihannya DDG juga memiliki kekurangan. DDG tidak memiliki layanan selengkap Google. Namun, masih dapat dipertimbangkan jika Anda ingin menjaga privasi ketika menggunakan Internet.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai mesin pencari DuckDuckGo yang bisa melindungi privasi Sobat dalam menggunakan Internet. Pada laman website-nya, DuckDuckGo menyampaikan visinya untuk menciptakan standar baru tentang kepercayaan online. Sobat bisa menggunakan mesin pencari ini jika ingin melindungi privasi dan tidak ingin terlalu banyak iklan yang mengganggu. Namun, tetaplah gunakan untuk kegiatan yang positif ya Sobat!

Share this

Berlangganan Gratis

Related Posts

Previous
Next Post »